Artikel

Launching Penyaluran Dana Sosial Alokasi Surplus UPK DMB PNPM-MPd Tahun 2021 dan Launching Kawasan Perdesaan “Padang Sumampeer”

Sebagai salah satu bentuk tanggungjawab Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Bergulir Masyarakat (DBM) Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) kepada masyarakat berupa penyaluran Dana Sosial untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) sebagai penerima manfaat, Dispermasdes Kabupaten Kendal bekerjasama dengan UPK DBM Eks PNPM MPd di 16 Kecamatan akan menyelenggarakan Launching Kawasan Perdesaan dan Launching Penyaluran Dana Sosial dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Dasar Hukum
  2. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa; dan
  4. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama.
  5. Laporan Konsolidasi Keuangan UPK Eks PNPM Mandiri Perdesaan

Berdasarkan Laporan Konsolidasi Keuangan atas Laporan Keuangan UPK DBM PNPM-MPd bulan Desember 2021, secara umum dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa UPK PNPM Mandiri Perdesaan yang ada di 16 kecamatan Kab. Kendal telah mengelola dana bergulir masyarakat miskin produktif melalui programnya simpan pinjam khusus perempuan  atau lebih dikenal SPP. Beberapa manfaat dan kemudahan dapat diperoleh dari program ini, terutama bagi kelompok pemanfaat, bunga yang rendah ditambah dengan adanya pengambilan tepat waktu (IPTW), proses cepat, tanpa agunan, tanpa potongan, disamping itu ada pembinaan dan peningkatan kapasitas untuk kelompok. Kegiatan simpan pinjam dari UPK PNPM Mandiri Perdesaan ini mencoba mengusung program yang dikhususkan bagi kaum miskin absolute berupa bantuan sosial dengan dana sosial dari pembagian surplus pendapatan. Dengan program semacam ini diharapkan semakin banyak kaum miskin yang merasakan manfaat UPK.
  2. Total asset ke-16 (keenam belas) UPK DBM PNPM-MPd se Kabupaten Kendal adalah sebesar Rp.80.865.527.649,00 (delapan puluh milyar delapan ratus enam puluh lima juta lima ratus dua puluh tujuh ribu enam ratus empat puluh sembilan rupiah).
  3. Analisa Laporan Keuangan UPK DBM PNPM-MPd Bulan Desember 2021 dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  4. 5 (lima) UPK DBM PNPM-MPd             :    Kategori SEHAT
  5. 1 (satu) UPK DBM PNPM-MPd              :    Kategori KURANG SEHAT
  6. 2 (dua) UPK DBM PNPM-MPd              :    Kategori TIDAK SEHAT
  7. 8 (delapan) UPK DBM PNPM-MPd       :    Kategori SANGAT TIDAK SEHAT

Kawasan Perdesaan “Padang Sumampeer” adalah salah satu potensi desa wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Kendal yang terletak di Kecamatan Limbangan. Desa Gondang, Pakis, Sumber Rahayu dan Peron ini memiliki bentangan lahan pertanian yang luas yang bisa di manfaatkan sebagai objek wisata alam dan berbagi komoditi hasil tani.
Selain itu, Desa-desa tersebut juga memiliki keaslian, keunikan, sifat khas dari segi geografi, sosial dan budaya. Potensi ini masih belum di manfaatkan dan dikembangkan secara optimal oleh masyarakat setempat sampai saat ini. faktor-faktor yang dapat mendukung pengembangan kawasan desa wisata dan perumusan konsep pengembangan kawasan desa wisata dengan konsep pengembangan secara spasial dan non spasial.
Adapun konsep spasialnya dengan menyediakan rute perjalanan wisata, menyediakan sarana transportasi khusus menuju kawasan desa wisata dan menyediakan fasilitas pendukung kegiatan wisata. Sedangkan konsep non spasialnya dengan menjadikan adat istiadat sebagai peraturan kegiatan wisata, mengembangkan kawasan desa wisata berbasis agrowisata, menyediakan fasilitas penginapan berkonsep homestay, menyediakan toko souvenir, menyediakan fasilitas rumah makan, memberikan pelatihan kepada masyarakat, menyediakan tempat rekreasi, membuat web tentang kawasan desa wisata, melibatkan masyarakat dalam proses pengembangan dan menerapkan peraturan zonasi.


BUPATI KENDAL didampingi Kepala Dispermasdes Kendal dan Camat Limbangan serta unsur forkopimcam Limbangan juga pengurus forum UPK transit sebelum pembukaan Launching Dana Sosial di rumkan Sego Jagung Pakis Limbangan.



Kunjungan BUPATI KENDAL ke stand UMKM sebelum pelaksanaan Launching penyaluran dana sosial UPK DBM Eks PNPM-MPd 2021